Rabu, 24 Juni 2015

Contoh Modul Propsal Bisnis



RENCANA USAHA


A.  MANAJEMEN
·      Nama Perusahaan                                  : Egty Souvenir
·      Nama Pemilik / Pimpinan Perusahaan   : Titi Haeriah
·      Bidang Usaha                                        : Industri Kerajinan Tangan
·      Jumlah Karyawan/ Tenaga Kerja           : 5 orang

B.  PEMASARAN
·      Produk yang ditawarkan                       :Aneka macam Souvenir yang terbuat dari kain flanel
·      Sasaran Konsumen/ Pembeli                 : Masyarakat Umum
·      Wilayah Pemasaran                               : Serang dan sekitarnya
·      Rencana Penjualan / Tahun                   : 180.000 buah
·      Penetapan Harga Jual                            : berdasarkan tingkat kesulitan pembuatan dan bahan baku.

C.  PRODUKSI/ OPERASI
·      Kapasitas Produksi                                : 500 buah/hari
·      Ketersediaan Bahan Baku                     :
·      Fasilitas / Sarana Produksi                     : Pesan Antar
·      Dampak Lingkungan                             : Menghasilkan Limbah

D.  KEUANGAN
·      Total Pembiayaan                                  : Rp. 75.000.000
·      Penjualan per-Tahun (Rp)                      : Rp. 140.000.000
·      Keuntungan per-Tahun (Rp)                 : Rp.  65.000.000
·      Return On Investment                           : Rp. 20.000.000
·      Break Even Point                                  : 68%


SUMMARY EXECUTIVE BUSINESS


Sejalan dengan meningkatnya industri perdagangan saat ini, maka cukup       banyak dirasakan dampaknya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, untuk itu kami sebagai kaum Intelektual yang berkepribadian dan berpendidikan sudah sewajarnya menuangkan segala potensi diri, dan daya kreasi. Salah satu cara menekan gejolak kepungan industri barang dari Luar Negeri menurut saya adalah mengembangkan Industri kecil (Home Industri) yang selama ini juga merupakan  komoditas spesifik lokal di beberapa daerah. Dengan berwirausaha kita dapat mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu juga dapat memberi keuntungan dalam segi ekonomi,  karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian suatu daerah.
Perusahaan kami didirikan pada tanggal 10 April 2014 dengan nama Egty Souvenir.
Perusahaan ini kami didirikan dengan harapan dapat terus mengembangkan kreatifitas yang ada serta meningkatkan jiwa wirausaha. Perusahaan kami memiliki visi dan misi. Visinya yaitu menghasilkan produk yang berkualitas, ramah lingkungan dan disenangi masyarakat serta mampu memberikan pelayanan prima bagi konsumen sedangkan misinya yaitu antara lain menghasilkan produk dengan bahan baku yang mudah didaur ulang dan menarik konsumen dengan produkproduk yang unik dengan harga yang relatif terjangkau. Secara umum, tujuan pendirian perusahaan kami adalah untuk mengurangi tingkat pengangguran dengan menambah lapangan kerja serta memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang dan meningkat.




I.                 Latar Belakang



1.1. Dasar Gagasan Usaha

1.1.1 Prospek Pasar :
Sekarang ini, setiap tahunnya kebutuhan akan barang-barang kerajinan tangan (hand made) sangat beragam. Peningkatan permintaan para konsumen terhadap souvenir yang unik, dan tidak mahalpun membuat para pengusahan souvenir kelimpungan karena orderan yang menupuk. Saat ini souvenir tidak hanya diperuntukkan acara-acara pernikahan saja, untuk acara ulang tahun, perpisahan sekolah, ataupun sebagai hadiah tambahan doorprize kadang membutuhkan souvenir sebagai kenang - kenangan atau hanya sebagai cenderamata ucapan terima kasih. Selain dalam orderan partai besar, kadang souvenir pun dibeli satuan bagi para peminat barang barang kerajinan tangan.
Dengan adanya kondisi diatas itu membuat peluang bisnis yang berkaitan dengan kerajinan souvenir pun  terbuka lebar dan bisa saja sangat menjanjikan.
Untuk itu, saya ingin memanfaatkan peluang ini.  Saya akan mencoba untuk mendirikan sebuah usaha kerajinan souvenir yang dibuat oleh tangan (handmade) dengan nama Egty Souvenir

1.1.2 Manfaat Ekonomi :
·      Membuka lapangan pekerjaan,
·      Menghasilka kerajinan tangan dari kain flanel yang memiliki nilai jual,
·      Mengoptimalkan kain flanel dan bahan-bahan sisa menjadi sebuah produk baru yang kreatif.


1.1.3 Manfaat Sosial :
·       Memenuhi kebutuhan dan permintaan para konsumen
·       Pendapatan yang dihasilkan dari produksi 2,5% untuk dana zakat yang bisa digunakan untuk membantu masyarakat kurang mampu


1.2. Daftar Riwayat Hidup Pengelola
1.         Nama                                    : Titi Haeriah
2.         Tempat, Tanggal Lahir          : Serang, 10 April 1991
3.         Agama                                  : Islam
4.         Alamat Rumah                      : Jln. Raya Pandeglang KM. 15 Kp. Warung Mesjid Rt/Rw 02/01 Desa Suka Indah Kc. Baros Kb. Serang Prov. Banten-42173
5.         Alamat Tempat Usaha         : Jln. Raya Pandeglang Pasar Baros Kc. Baros Kb. Serang Prov. Banten-42173
6.         Pendidikan Terakhir                         : S-1
7.         Pelatihan yang telah diikuti : Pelatihan Kewirausahaan
8.         Pengalaman                           : -
9.         Keterampilan                        : Menjahit
10.     Bakat / Hobi                                     : Menulis
11.     Kegiatan Sosial                     : Bakti sosial

1.3    Visi & Misi Perusahaan

Visi Perusahaan
Menghasilkan produk yang berkualitas, ramah lingkungan dan disenangi masyarakat serta mampu memberikan pelayanan prima bagi konsumen..

Misi Perusahaan
1.    Menggunakan bahan baku yang baik dan bermutu tinggi
2.    Menggunakan tenaga kerja yang handal dan profesional
3.    Menggunakan peralatan yang aman
4.    Menghasilkan produk dengan bahan baku yang mudah didaur ulang
5.    Menarik konsumen dengan produk-produk yang unik dengan harga yang terjangkau
6.    Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan / konsumen
7.    Memuaskan konsumen dengan menciptakan produk-produk yang baru di kalangan masyarakat



II.            Aspek Pemasaran


2.1 Gambaran Umum Pasar
1.      Jenis Produk yang dipasarkan adalah
jenis produk yang ditawarkan beraneka macam souvenir yang terbuat dari kain flanel berupa bross, gantungan kunci, jepitan rambut, gantungan handphone,dll

2.      Wilayah Pemasaran Mencakup Daerah
Untuk sementara kami hanya melayani pemesanan seputaran baros saja, akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada oderan online dari luar baros akan kami kirimkan melalui jasa TIKI, POS ataupun JNE.

2.2 Permintaan

2.2.1 Jumlah Permintaan terhadap Produk
a.     Sasaran Pembeli (konsumen)
Masyarakat umum, remaja, anak-anak

b.    Jumlah Konsumen
Konsumen yang ditargetkan adalah usia remaja putri dengan jumlah target rata-rata 120 orang perbulan atau 1.440 orang pertahun

c.     Jumlah Kebutuhan
Jika satu orang konsumen rata-rata pemesanan 50 buah, maka dalam sehari dibutuhkan rata-rata 200 buah

d.    Total Kebutuhan per-Tahun
Sehari rata-rata produk terjual 200 buah maka untuk setahun kebutuhan produknya yaitu 72000 buah per-Tahun

2.2.2 Proyeksi Permintaan Selama 5 Tahun Mendatang
Tahun
Proyeksi Permintaan (dalam unit )
1
72000 buah
2
79200 buah
3
87120 buah
4
95832 buah
5
105500 buah

2.3       Penawaran / Pesaing
Nama Perusahaan
Kapasitas Produksi/tahun (unit)
1.      Craf Collection
67000
2.      Izza Souvenir
50000
Total Penawaran / Tahun
117000

2.4       Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Tahun
(1)
Permintaan
(2)
Penawaran
(3)
Peluang Pasar (4)
(2)-(3)
Rencana Penjualan
(5)
Pangsa Pasar
(6)
(5)/(4) x 100%
1
60000
50000
10000
72000
7,2 %
2
65000
50000
15000
79200
5,28 %
3
75000
62000
13000
87120
6,7 %
4
80000
70000
10000
95832
9,58 %

2.5       Strategi Pemasaran Pesaing
Uraikan Strategi Pemasaran yang dilakukan pesaing anda, meliputi :
a.      Produk (mutu, ukuran, kemasan, dll)
Produk yang dibuat oleh pesain merupakan produk umum yang ada pada masyarakat, modelnya pun stagnan.

b.      Harga (Harga Satuan, Syarat Pembayaran. Potongan, dll.)
Rp. 2500 / buah

c.       Place ( Jalur Distribusi, dll.)
Jalur distriusi pesaing yaitu dengan secara langsung kepada konsumen

d.      Promosi
Promosi yang dilakukan oleh pesaing menggunakan brosur dan pamflet


2.6       Strategi Pemasaran Perusahaan
Uraikan Strategi Pemasaran yang akan anda lakukan, meliputi :
a.         Produk (mutu, ukuran, kemasan, dll)
Produk yang kami buat merupakan produk yang sudah ada dalam masyarakat akan tetapi yang membedakan adalah aneka atau macam asesoris flannel yang di buat berdasarkan pesanan. Dan juda berdasarkan hari misalnya : kado buat valentine, natal dan tahun baru. Kami juga selalu membuat inovasi inovasi  lewat facebook agar konsumen tidak bosan dengan barang yang tunjukkan.


b.        Harga (Harga Satuan, Syarat Pembayaran. Potongan, dll.)
Saya berusaha memberikan harga yang relative murah agar bisa  oleh masyarakat terutama menengah ke bawah, dan sesuai dengan kantong anak remaja serta sesuai permintaan konsumen barang yang di pesan. oleh karena itu saya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar benar murah.



c.         Place ( Jalur Distribusi, dll.)
Saya memiliki beberapa saluran distribusi untuk mengembangkan produk yang saya ciptakan disini, diantaranya sebagai berikut:
ü Dengan menjual langsung kepada konsumen
ü Dengan menerima pesanan dalam jumlah yang banyak ataupun per unit.
ü Dalam tahap pertama, saya menitipkan produk ini di beberapa kios asesoris yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan di toko yang ada di pasar,swalayan dll.
Hal ini dilakukan guna memperkenalkan produk tersebut sehingga secara tidak langsung dapat dikenal oleh masyarakat

d.        Promosi
Disini saya memilih tempat yang mudah dijangkau oleh banyak orang sehingga mudah diketahui dan dikenal oleh banyak orang. Karena saya masih pemula dan modal yang saya kumpulkan sangatlah kecil dan ini merupakan salah satu masalah yang saya hadapi yaitu dalam segi promosi yang membutuhkan banyak biaya. maka dari itu di awal pembukaan, saya memberikan promosi dengan memberikan harga yang lebih murah dari harga yang saya tawarkan sebelumnya. Dan tidak lupa saya mencantumkan nama usaha saya pada kemasan flannel sehingga orang orang akan mengenal usaha saya. Selain itu saya juga melakukan promosi dengan cara menyajikan produk saya dalam acara temu akrab dengan teman keluarga atau perkumpulan-  perkumpulan yang kami ikuti dan saya juga akan menyebrakan lewat via online. Dari sini mereka akan mengetahui produk saya sehingga akan terbangun kepercayaan kepada saya dan akan tersebar dari mulut kemulut. Ini terkadang lebih efektif dibandingkan dengan menyebarkan brosur dan juga akan menghemat biaya promosi


2.7       Strategi Segmentasi, Targeting, Promosi
Segmentasi
Adanya dunia mode yang semakin berkembang seiring dengan zamanya menuntut adanya perfomance yang ingin ditampilkan oleh masing masing perfomance. Oleh sebab itu usaha flanel menawarkan bentuk bentuk yang cantik berupa bros kalung dan lain lain yang mempercantik penampilan dari konsumen itu sendiri. Segmen pasar yang dituju oleh usaha ini adalah dari berbagai kelas karena mengingat harga dari bentuk flanel yang ditawarkan beraneka ragamnya.
ng menjadi segmen dari usaha kreasi flanel adalah semua segmen pasar (umum).





Target
Dimension
Criteria
Explanation
Geographic
City
Serang
Area
Baros
Gender
Wanita
Demographic
Age
10 – 20 Tahun
Life Stage

Resident Tenure

Income
Ø  1.000.000
Socioeconomic
Education
Semua Jenjang Pendidikan
Occupation

Physiographic
Personality

Outlet Type
In-Store Outlet

Benefit Sought
Needs

Product Feature

Usage
User Status

Awareness & Intention
Product Knowledge


Positioning
Kami ingin menciptakan image atau citra perusahaan di benak konsumen sebagai tempat hand made yang berkualitas dengan harga yang pas.

2.8       Analisa Pesaing
KEY SUCSESS
FACTOR
ANALYSIS
BOBOT
PERUSAHAAN

PERUSAHAAN KOMPETITOR 1
PERUSAHAAN KOMPETITOR 2
Rating
Bobot
Ranking
Bobot
Ranking
Bobot
1.    Kualitas Produk
20%

10 %

5 %

5 %
2.    Promosi dan Pengenalan Produk
20%

9 %

4 %

7 %
3.    Reputasi Merk
10%

5 %

3 %

2 %
4.    Differensiasi Produk
10%

5 %

2 %

2 %
5.    Lokasi
10%

4 %

3 %

3 %
6.    Saluran Distribusi
5%

2 %

2 %

1 %
7.    Kapasitas Produksi
5%

3 %

1 %

1 %
8.    Tenaga Kerja
10%

6 %

2 %

2 %
9.    Suasana dan Pelayanan
10%

3 %

4 %

3 %

2.9       Metode Promosi & Biaya Promosi
Metode Promosi
Wilayah Sebaran
Biaya (Rp)
1.      Via Online
Baros
Rp. 50.000
Total
Rp. 50.000

2.10   Penetapan Harga Jual
Tahun
Harga Jual / Unit (Rp)
1
Rp. 2000 / Unit
2
Rp. 2200 / Unit
3
Rp. 2400 / Unit
4
Rp. 2500 / Unit
5
Rp. 2700 / Unit



III.   Aspek Produksi



3.1    Produk
1.      Uraikan Ciri-Ciri Produk
Produk yang dihasilkan dapat berupa tas, gantungan kunci, gantungan HP, jepit rambut, boneka mungil, miniatur kue tart, tempat tissue, sampul agenda yang semuanya berbahan dasar dari kain flannel.

2.      Kegunaan Utama Produk
Manfaat produk dari kain flanel ini adalah untuk hiasan, aksesoris, dll.

3.      Keunikan/ Karakteristik Produk
Memiliki variasi yang lebih banyak, motif yang up to date sehingga konsumen tidak bosan.

3.2    Proses Produksi
Skema / Bagan Alur Proses Produksi
Proses produksi Aneka Kreasi Kain Flannel.
1.    Persiapkanlah bahan dan alat yang digunakan seperti: kain flanel aneka warna, benang sulam, jarum, gunting, kertas karton, lem tembak, pensil/pulpen gel atau kapur jahit.
2.    Buatlah pola kreasi yang diinginkan pada kertas karton, gunting lalu pindahkanlah pola tersebut pada kain flanel dengan menggunakan pensil/pulpen gel (untuk kain flanel berwarna cerah) atau kapur jahit (untuk kain flanel berwarna gelap).
3.    Gunakanlah kain flanel yang bersih dan tidak memiliki bekas lipatan. Untuk merapikan kain flanel yang memiliki bekas lipatan, seterikalah dengan hati-hati dan suhu seterika jangan terlalu panas.
4.    Gunakanlah benang sulam untuk menjahit kain flanel, warnanya disesuaikan dengan warna kain flanel.
5.    Ada beberapa jenis teknik tusuk jahit dan tusuk hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston karena selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston ini berguna untuk merapikan pinggiran kain flanel.
6.    Setelah kreasi selesai, rapikanlah serat-serat flanel pada pinggir jahitan dengan menggunakan gunting.

3.3    Kapasitas Produksi
Tahun
Rencana Produksi (dalam Unit)
1.            2014
72000 buah
2.            2015
79200 buah
3.            2016
87120 buah
4.            2017
95832 buah
5.            2018
105500 buah

3.4    Lokasi Usaha
1.      Lokasi Usaha & Peta Lokasi
Tempat produksi dilakukan dilantai 2 Ruko Baros. Tempat produksi yang cukup strategis, karena berada di pasar. Selain itu juga merupakan tempat pemasaran hasil produksi.

2.      Pemilihan lokasi usaha ini sangat strategis, hal ini dikarenakan :
a.       Dekat dengan pasar
b.      Akses konsumen ke lokasi usaha mudah
c.       Lokasi usaha yang cukup ramai pengunjung
3.      Penggunaan tanah lokasi /Lay Out Tempat Usaha
Luas tempat produksi yang disediakan pada lantai 2 adalah 32 m2, sedangkan luas tempat pemasaran pada lantai 1 adalah 32 m2

3.5    Rencana Kebutuhan Bahan Baku
1.      Bahan baku utama dan bahan pembantu yang diperlukan sesuai dengan Rencana Produksi tahun 1 :
Bahan Baku & Pembantu
Fungsi
Jumlah
Harga (Rp)
Total (Rp)
Kain Flanel
Bahan Baku
20
200.000
4.000.000
Benang
Mejahit Bahan Baku
40
3000
120.000
Kancing
Aksesoris
150
300
45.000
Lem Bakar
Perekat
60
1500
90.000
Total
4.225.000
2.      Persyaratan pembelian bahan baku
Bahan baku di beli harus dari distributor pertama, dan memiliki kualitas bagus
3.      Ketersediaan dan kesinambungan bahan baku
Bahna baku mudah di dapat dan ketersediaannya cukup untuk 5 tahun yang akan datang.

3.6    Utilitas/ Sarana
Biaya Utilitas
Total Biaya (Rp)
1.    Pemasangan Instalasi listrik,
200.000
2.    Pemasangan Instalasi Air
150.000
3.    Dll.
20.000
Jumlah Total
370.000

3.7    Mesin dan Peralatan
Nama Mesin & Perlengkapan
Merk
Jumlah
Harga (Rp)
Total (Rp)
1.    Mesin Jahit
Sansan
5
350.000
1.750.000
2.    Gunting
Aiwa
10
 4000
40.000
3.    Alat Lem Tembak
Kenko
10
25.000
250.000
4.    Jarum
Kaiyuwen
5
2000
10.000
Total
2.050.000
3.8  Kendaraan
Jenis Kendaraan
Merk
Jumlah
Harga (Rp)
Total (Rp)
1.      Motor
Yamaha
1
Rp.8.000.000
Rp. 8.000.000
Total
Rp. 8.000.000


3.9    Maintenance
Untuk biaya pemeliharaan mesin dan peralatan di butuhkan biaya sebesar Rp. 500.000/Tahun

3.10 Rencana Pengembangan Usaha
Berkreasi tidak hanya dapat dilakukan dengan barang yang rumit dan sulit didapat. Tetapi hanya dengan bahan yang sederhana dapat dijadikan hasil kreasi yang memuaskan bahkan dapat mendatangkan keuntungan. Kreasi juga bisa datang dari sekedar hobi, hobi ternyata bisa mendatangkan keuntungan. Dari tangan-tangan kreatif, sebuah hobi bisa mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yang lumayan. Hal utama yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen. Aneka kreasi bisa dijadikan souvenir/cinderamata. Salah satu krativitas yang bisa dijadikan souvenir adalah kain flanel. Kain flannel tidak hanya mengandalkan kreativitas tetapi juga harus diselaraskan oleh keterampilan menjahit. Hal yang diperlukan dalam membuat kerajinan adalah kreatifitas dan inovatif. Dengan kreatifitas, akan tercipta bentuk-bentuk yang unik dan lucu. Harga untuk bahan bakunya pun relative murah. Kemudian bahanbahan pelengkap lainnya seperti ring, gantungan HP maupun kunci dan benang serta bahan-bahan lainnya sangat mudah didapat serta mudah dijangkau di toko-toko penjual kebutuhan menjahit

3.11 Limbah
a.       Kualitas limbah dan cara pembuangannya
Limbah yang dihasilkan dari kreasi kain flanel ini berupa sisa potongan-potongan kain flanel dan limbah ini bisa digunakan kembali untuk proses produksi. Dan jika ada limbah yang tidak bisa di manfaatkan kembali maka limbah tersebut akan di buang dengan cara di bakar agar tidak menjadi pencemaran lingkungan.

b.      Biaya Pengendalian limbah per-tahun
Untuk biaya pengendalian limbah rata-rata pertahunnya diperlukan biaya sebesar empat juta rupiah

c.       Prosedur IPAL
Perangkat utama dalam system pengolahan terdiri dari unit pencampur statis (static mixer), bak antara, bak koagulasi-flokulasi, saringan multimedia/ kerikil, pasir, karbon, mangan zeolit (multimedia filter), saringan karbon aktif (activated carbon filter), dan saringan penukar ion (ion exchange filter). Perangkat penunjang dalam sistem pengolahan ini dipasang untuk mendukung operasi treatment yang terdiri dari pompa air baku untuk intake (raw water pump), pompa dosing (dosing pump), tangki bahan kimia (chemical tank), pompa filter untuk mempompa air dari bak koagulasi-flokulasi ke saringan/filter, dan perpipaan serta kelengkapan lainnya.
Proses pengolahan diawali dengan memompa air baku dari bak penampungan kemudian diinjeksi dengan bahan kimia ferrosulfat dan PAC (Poly Allumunium Chloride), kemudian dicampur melalui static mixer supaya bercampur dengan baik. Kemudian air baku yang teroksidasi dialirkan ke bak koagulasiflokulasi dengan waktu tinggal sekitar 2 jam. Setelah itu air dari bak dipompa ke saringan multimedia, saringan karbon aktif dan saringan penukar ion. Hasil air olahan di masukkan ke bak penampungan untuk digunakan kembali sebagai air pencucian.


                               


IV.        Aspek Organisasi dan SDM


3.1    Umum
1.    Nama Perusahaan                                : Egty Souvenir
2.    Nama Pemilik                                      : Titi Haeriah
3.    Alamat Kantor dan Tempat Usaha      : Jln Raya Pandeglang pasar Baros-Serang
4.    Bentuk Badan Hukum                        : -
5.    Tahun Berdiri                                      : 2014

a.         Bagan / Sturktur Organisasi


 











b.        Uraian Jabatan
Jabatan
Uraian Tugas
Gaji
Bulan
Tahun
1.    Pemimpin
Mengawasi Semua Kegiatan Perusahaan
Rp. 600.000
Rp. 7.200.000
2.    Manajer pemasaran
Melakukan pengawasan terhadap pemasaran produk
Rp. 500.000
Rp. 6.000.000
3.    Manajer Produksi
Melakukan pengawasan terhadap proses produksi
Rp. 500.000
Rp. 6.000.000
4.    Manajer SDM
Memanej SDM
Rp. 500.000
Rp. 500.000
5.    Manajer Keuangan
Membuat laporan keuangan perusahaan
Rp. 500.000
Rp. 6.000.000
a.    Perijinan
Jenis Perijinan
Biaya (Rp)
1.    Ijin Prinsip (Dari Instansi Teknis)
200.000
2.    SITU (Surat Ijin Tempat Usaha)
300.000
3.    SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan)
250.000
4.    TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
150.000
5.    NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
100.000
6.    Akte Pendirian
170.000
7.    Dll.

Total
 1.170.000

a.         Kegiatan Pra Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
Jenis Kegiatan
Jadwal Pelaksanaan
Biaya Operasional
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1.    Penetapan Rencana kerja












Rp. 100.000
2.    Persiapan Bahan












Rp. 50.000
3.    Persiapan Alat












Rp.50.000
4.    Tahap Pembelian Bahan Baku












Rp. 300.000
5.    Produksi Percobaan












Rp. 50.000
6.    Pelatihan












Rp. 50.000
7.    produksi












Rp. 50.000
8.    Promosi dan Pemasaran












Rp. 100.000
9.    Pendistribusian produk












Rp. 50.000
10.              Evaluasi Produk












Rp. 20.000
11.    Membuat Draf LAporan












Rp. 20.000
Total Biaya
Rp. 840.000

b.        Analisis Pengembangan SDM
Untuk membuat karyawan lebih kreatif lagi di perlukan pelatihan-pelatihan dalam membuat kreasi kain flanel



V.             ASPEK KEUANGAN


4.1    Asumsi-Asumsi
Produksi skala tangga
Di bantu oleh 10 orang tenaga kerja dalam proses produksinya

4.2    Initial Investment
Keterangan
Qty
Satuan
Harga
Total Harga
A.  INVESTASI FIX ASSET
1.    Mesin dan Peralatan
2


2.050.000
2.    Kendaraan
1
 8.000.000
8.000.000
8.000.000
3.    Lain-lain



10.050.000
TOTAL HARGA TETAP

B.  INVESTASI PRA-OPERASI
1.    Rencana Usaha


 50.000
 50.000
2.    Perijinan


 1.170.000
 1.170.000
3.    Pelatihan


 50.000
 50.000
4.    Produksi Percobaan


 50.000
 50.000
5.    Lain-lain


 100.000
 100.000
TOTAL PRA-OPERASI
1.420.000
C.  INVESTASI ( A+B)
11.470.000
D.  MODAL KERJA

BIAYA POKOK PRODUKSI




1.    Bahan Baku


4.225.000
4.225.000
2.    Upah Tenaga Produksi
10

4.500.000
4.500.000
3.    Biaya Umum Perusahaan
1

200.000
200.000
TOTAL BIAYA POKOK PRODUKSI
8.925.000
BIAYA USAHA




1.    Gaji Pimpinan
1

600.000
600.000
2.    Gaji Manajer Pemasaran & Staf
1

500.000
500.000
3.    Gaji Manjaer Produksi & Staf
1

500.000
500.000
4.    Gaji Manajer SDM & Staff
1

500.000
500.000
5.    Gaji Manajer Keuangan
1

500.000
500.000
6.    Gaji Karyawan Produksi
10

450.000
4.500.000
7.    Biaya Pemasaran
1

50.000
50.000
8.    Biaya Maintenance



500.000
TOTAL BIAYA USAHA
8.150.000
TOTAL MODAL KERJA
17.075.000
TOTAL BIAYA PROYEK (C+D)
28.545.000

4.3    Sumber Pembiayaan Proyek
No
Initial Investment
Jumlah
Sumber Pendanaan
PORSI
Jumlah  Modal
1.
Total Biaya
28.545.000
Modal Sendiri (Ekuitas)
76%
21.694..200
2.


Pinjaman
24%
6.850.800

TOTAL
28.545.000
TOTAL

28.545.000

4.4    Laba Rugi
Keterangan
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Tahun 4
Tahun 5
Rencana Produksi (Dalam Unit)
72000
79200
87120
95832
105500
A.  Penjualan
144.000.000
174.240.000
209.088.000
239.580.000
284.850.000
B.  Biaya Pokok Produksi
8.925.000
8.925.000
8.925.000
8.925.000
8.925.000
Total Biaya Pokok Produksi





C.  Laba Kotor (A-B)
115.955.000
165.315.000
200.163.000
230.628.000
275.925.000
D.  Biaya Usaha





1.    Gaji Pimpinan
7200.000
7200.000
7200.000
7200.000
7200.000
2.    Gaji Kabag Pemasaran & Staf
6.000.000
6.000.000
6.000.000
6.000.000
6.000.000
3.    Gaji Kabag Produksi & Staf
6.000.000
6.000.000
6.000.000
6.000.000
6.000.000
4.    Gaji Kabag SDM & Staff
6.000.000
6.000.000
6.000.000
6.000.000
6.000.000
5.    Gaji Administrasi & Keuangan
6.000.000
6.000.000
6.000.000
6.000.000
6.000.000
6.    Biaya Pemasaran
50.000
50.000
50.000
50.000
50.000
7.    Biaya Maintenance
500.000
500.000
500.000
500.000
500.000
8.    Suplai Kantor (ATK)
200.000
200.000
200.000
200.000
200.000
9.    Biaya Sewa
10.000.000
10.000.000
10.000.000
10.000.000
10.000.000
Lain-lain
200.000
200.000
200.000
200.000
200.000
TOTAL BIAYA USAHA SEBELUM PENYUSUTAN & AMORTISASI
41.950.000
41.950.000
41.950.000
41.950.000
41.950.000
10.    Penyusutan
110.000
110.000
110.000
110.000
110.000
11.    Amortisasi
700.000
700.000
700.000
700.000
700.000
E.   TOTAL BIAYA USAHA
42.760.000
42.760.000
42.760.000
42.760.000
42.760.000
F.    LABA USAHA (C-E)
73.195.000
122.555.000
157.403.000
187.868.000
233.165.000
G.  BIAYA BUNGA
1.750.000
1.750.000
1.750.000
1.750.000
1.750.000
H.   LABA SEBELUM PAJAK (F-G)
71.445.000
120.805.000
155.653.000
186.118.000
231.415.000
I.      PAJAK
17.861.250
30.201.250
38.913.250
46.529.500
57.853.750
J.     LABA (H-I)
53.583.750
90.603.750
116.739.750
139.588.500
179.561.250
K.  BEP (E/C) 100%
36,9%
25%
27%
26.5%
31%

PENYUSUTAN
NILAI (RP)
UMUR
PENYUSUTAN/TAHUN
1.    Mesin & Peralatan
2.050.000
5
50.000
2.    Kendaraan
8.000.000
5
60.000
3.    Dan lain-lain



JUMLAH


110.000

AMORTISASI
NILAI (RP)
UMUR
PENYUSUTAN/TAHUN
1.     Investasi Pra-Operasi
5.000.000
5
700.000

4.5    Arus Kas
Keterangan
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Tahun 4
Tahun 5
Total Penjualan
144.000.000
174.240.000
209.088.000
239.580.000
284.850.000
A.  ARUS KAS MASUK
1.    Penjualan Tunai
104.000.000
110.000.000
170.000.000
199.580.000
204.000.000
2.    Penerimaan Piutang
40.000.000
64.240.000
39.088.000
40.000.000
80.850.000
3.    Modal Sendiri
21.694..200
21.694..200
21.694..200
21.694..200
21.694..200
4.    Kredit Investasi
10.000.000
10.000.000
10.000.000
10.000.000
10.000.000
5.    Kredit Modal Kerja
6.850.800
6.850.800
6.850.800
6.850.800
6.850.800
6.     Saldo Kas Masuk
70.000.000
67.000.000
78.000.000
76.000.000
87.000.000
Total Kas Masuk
230.850.800
258.090.800
303.938.800
332.430.800
388.700.800
B.  ARUS KAS KELUAR
1.    Investasi
25.000.000
50.000.000
67.000.000
70.000.000
72.000.000
2.    Biaya Pokok Produksi
8.925.000
8.925.000
8.925.000
8.925.000
8.925.000
3.    Biaya Usaha sebelum Penususan & Amortisasi
41.950.000
41.950.000
41.950.000
41.950.000
41.950.000
4.    Bunga
1.750.000
1.750.000
1.750.000
1.750.000
1.750.000
5.    Pajak
17.861.250
30.201.250
38.913.250
46.529.500
57.853.750
TOTAL KAS KELUAR
95.486.250
132.826.250
158.538.250
169.154.500
182.478.750
C.  KAS NETTO (A-B)
135.364.550
125.264.550
145.400.550
163.276.300
206.222.050
D.  KEWAJIBAN BANK
1.    Angsuran Kredit Investasi
12.000.000
20.000.000
25.000.000
26.000.000
27.000.000
2.    Angsuran Modal Kerja
9.000.000
9.000.000
9.000.000
9.000.000
9.000.000
TOTAL KEWAJIBAN BANK
21.000.000
29.000.000
34.000.000
35.000.000
36.000.000
E.  SALDO KAS AKHIR (C-D)
114.364.550
96.264.550
111.400.550
128.276.300
170.222.050





Lampiran

Gambar 1. Survey Lokasi Usaha
Gambar 2. Lay Out Usaha



Gambar 3. Survey Peralatan
Gambar 4. Survey Bahan Baku



Gambar 5. Survey Kompetitor Usaha 1
Gambar 6. Survey Kompetitor Usaha 2



Gambar 7. Proses Pembuatan Produk 1
Gambar 8. Proses Pembuatan Produk 2



Gambar 9. Produk 1
Gambar 10. Produk 2






Gambar 11. Survey Konsumen
Gambar 12. Survey Konsumen



4 komentar:

  1. terima kasih mba,blognya keren.tugas akhir kuliah saya sedikit terbantu

    BalasHapus
  2. Mau tanya2 soal proposal di atas bisa ndak?

    BalasHapus
  3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus